Selasa, 30 Juni 2020

Dana Desa 2020, Padat Karya Tunai Di Gampong Kegiatan Jalan Usaha Tani

Sosmed Aceh Utara | Desa Beuringen Pirak merupakan salah satu desa di Kecamatan, Matangkuli Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh yang mendapatkan kucuran Dana Desa (DD). secara geografis desa ini terletak di kawasan situs sejarah Rumah Pahlawan Cut Meutia yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya sebagai petani.
Menurut Ahmadi Geuchik Gampong Beuringen pirak dalam rangka mewujudkan peningkatan sumber daya alam (SDA) di bidang pertanian di Kabupaten Aceh Utara, maka salah satu faktor penopang terwujudnya hal tersebut adalah tersedianya prasarana transportasi (akses jalan) yang memadai, oleh karenanya dipandang perlu untuk membuka akses Jalan (Transportasi) pada dusun tertentu yang dianggap sebagai titik produksi untuk mengangkut hasil produksi pertanian masyarakat.
Secercah harapan hadir setelah Dana Desa (DD) tahun 2020 dikucurkan untuk desa tersebut, masyarakat langsung mengusulkan dalam musyawarah perencanaan agar Dana Desa diprioritaskan untuk membangun sarana prasarana Jalan Usaha Tani. antara lain Pembangunan Pembukaan Jalan Baru, Plat Beton dan Pembangunan Jembatan.
Setelah usulan ini dijadikan prioritas dan dianggarkan dalam APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) tahun 2020, dianggarkanlah sebesar Rp.250.441.000,- ( Dua Ratus Lima Puluh Juta Empat Ratus Empat Puluh Satu Ribu Rupiah) untuk merealisasikan usulan tersebut. Dalam perencanaan desainnya, dihitung Panjang Jalan 147 M serta Pembangunan Jembatan 2 unit dan Plat Beton 6 Unit.

Dalam pelaksanaan kegiatan Pembangunan jalan usaha tani tersebut pemerintah desa melakukannya dengan sistem Padat karya Tunai Desa ( PKTD ) hal ini dilakukan agar ketahanan ekonomi masyarakat desa tetap terjaga di tengah situasi masa pandemi COVID-19 sesuai dengan Surat Edaran Menteri PDTT Nomor 8 tahun 2020 tertanggal 24 Maret 2020 tentang Desa Tanggap Corona dan PKTD dengan melibatkan semua warga desa khususnya Pengangguran, setengah Pengangguran, anggota rumah tangga masyarakat miskin (ARTM) serta kelompok marjinal dengan sistem pembayaran gaji setiap hari.


Sekarang kebutuhan akses transportasi untuk warga dapat terpenuhi dengan baik warga sangat bersyukur dengan adanya Dana Desa, Untuk ini warga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu merealisasikan terbangunnya Jalan Usaha Tani bagi masyarakat Desa Beuringen Pirak. Terima kasih Bapak Menteri Desa PDTT, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong dan Tenaga Pendamping Profesional (Tenaga Ahli kabupaten, Pendamping desa/teknik infrastruktur dan pendamping lokal desa).
Salam Membangun Desa

Disusun Oleh:
Muzakir
Pendamping Desa Teknik Infrasruktur

  1. Nonton juga YouTube : Desa Online
  2. Nonton juga link YouTube : Makanan yg Enak
  3. Nonton YouTube : Bambu Kuning

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon